[Book Review] Cheeky Romance

Judul : Cheeky Romance (New Cover)
Penulis: Kim Eun Jeong
Penerjemah: Putu Pramania
Cetakan Kelima, November 2014
Penerbit: Haru 
Tebal: 447 halaman 
ISBN: 978-602-7742-42-0









Wanita yang tingkahnya tidak terduga, “si ibu hamil nasional”, vs laki-laki yang selalu dianggap sempurna,“si dokter nasional”.

Aku adalah seorang reporter. Saat aku sedang bekerja, di tengah syuting, muncul seorang dokter kandungan yang marah-marah seperti orang gila dan menuduhku sebagai ibu hamil. Celakanya, acara itu sedang ditayangkan ke seluruh penjuru negeri. Akibatnya, aku dikenal sebagai “ibu hamil nasional”, bahkan sampai punya pahlawan pelindung segala.

Mendengar seseorang ingin menghapus anaknya, rasanya aku ingin segera menuntut perempuan itu. Suatu hari, aku bertemu lagi dengan perempuan bodoh itu. Berani-beraninya seorang ibu hamil minum alkohol di hadapanku, si dokter kandungan? Sampai makan kacang merah dan ikan fugu yang berbahaya bagi janin? Perempuan ini benar-benar kelewatan.

 Yoo Chae, seorang reporter, baru saja meluapkan kekesalannya pada mantan pacarnya, Hee Jae, di kolom keluhan website kantor. Tadinya Yoo Chae tidak bermaksud meng-upload tulisan berisi makian terhadap Hee Jae tapi karena komputernya eror, seluruh isi tulisannya jadi tersebar di internet. Oleh karena itu, Yoo Chae terpaksa harus menulis surat permohonan maaf atas ulahnya itu.

Belum cukup dengan surat permohonan maaf, kesialan Yoo bertambah ketika dituduh hamil oleh seorang dokter aneh bernama Yoon Pyo yang tiba-tiba muncul ditengah-tengah syuting. Akibatnya Yoo Chae jadi memiliki julukan "ibu hamil nasional" dan parahnya Yoo Chae dipindahkan ke kantor cabang di daerah pedesaan.

***

Saya memang sudah penasaran dengan buku ini saat melihat komentar orang-orang yang berseliweran di timeline twitter penerbit haru. Namun, saya sengaja tidak membaca sinopsisnya, karena tidak ingin "kena spoiler" dan ingin menemukan keseruan saat membacanya. Jadi, jangan mengharapkan adanya spoiler dalam review ini. Hihi

Langit akan selalu menolong orang yang menolong dirinya sendiri.

Awal buku ini dibuka dengan adegan pertengkaran antara Yoo Chae dan Hee Jae. Dua reporter yang baru saja putus hubungan karena alasan "orang ketiga". Karena tidak membaca sinopsis, tadinya kupikir, karakter utama prianya adalah Hee Jae, ternyata bukan.

Ini bukan novel terjemahan Korea yang pertama kali saya baca, tapi ini adalah karya Kim Eun Jeong pertama buat saya. Walau ceritanya datar-datar saja, karena diselipi adegan-adengan manis dan menggelitik saya jadi tidak bosan dan selalu menantikan adegan manis lainnya.
Baru kali ini pula saya membaca novel tapi berasa nonton drama! Entah karena saya yang belakangan ini menonton drama Korea atau apa, saya jadi bisa membayangkan saat Yoo Chae mengerucutkan bibirnya ketika sedang kesal pada tingkah Yoon Pyo, juga ketika Yoon Pyo senyum.

Dalam otak saya, dokter Yoon Pyo itu terlihat seperti Lee Jong Suk (dalam drama Doctor Stanger), tinggi, jari-jari yang panjang, senyum manis, tatapan yang tajam dan tampan (tentu saja). Lalu Yoo Chae yang selalu semangat tapi sering melakukan hal yang memalukan mengingatkanku pada IU (dalam drama You are the Best, Lee Soon Shin).

Dan, yah.. Kalian bisa menyimpulkan kalau saya menyukai pasangan ini!


Memangnya cinta itu ditulis dengan pensil, bisa dihapus seenaknya? Memangnya bayi itu 'coretan' yang bisa dihapus?

Selain ceritanya yang manis, saya menyukai pesan moralnya. Saya suka cara penyampaiannya melalui kasus-kasus yang diangkat. Dan saya jadi berpikir, "Seandainya setiap ibu yang ingin membuang anaknya membaca buku ini."

Sayangilah anak kalian, karena mereka adalah anugrah.
Setiap anak berhak mendapat kasih sayang orang tuanya.
Anak tidak bersalah karena dilahirkan 'berbeda'

Walau tidak ditekankan secara gamblang, itulah pesan yang saya terima.

Balas dendam itu sebenarnya hanyalah bentuk kekanakan dari hati yang masih kekanakan
-Liberal-
Selain pada Yoon Pyo, saya juga jatuh cinta pada karakter pria lainnya.
Yoo Gyu, adik Yoo Chae, yang tadinya serampangan dan sering membuat masalah menjadi pria yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. 
Lalu pada Dae Joon yang kelihatannya player tapi ternyata sangat perhatian dan manis.

Dari segi penulisan, sampai akhir buku saya tidak menemukan adanya typo, terjemahannya juga enak dibaca. Saya juga suka quote-quote yang diselipkan di setiap Bab-nya. (tapi sepertinya ada quote yang diulang, entah itu sengaja atau tidak)

Yang jelas, ★★★★☆ untuk kisah reporter dan dokter kandungan ini!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment